ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT RESILIENSI MATEMATIS SISWA

  • Wahyu Dwi Safitri STKIP PGRI Pacitan
  • Hari Purnomo Susanto STKIP PGRI Pacitan
  • Mulyadi Mulyadi STKIP PGRI Pacitan

Abstract

tujuan penelitian ini adalah unutk menghasilkan produk instrumen angket yang valid dan reliabel untuk mengukur tingkat resiliensi matematis siswa dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat resiliensi matematis siswa berdasarkan angket yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D). langkah-langkah penelitian pengembangan menggunakan langkah-langkah Sugiyono, yaitu 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji Coba Produk Pertama, 7) Revisi Produk 8) Uji Coba Produk Kedua, 9) Revisi Produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Produk instrumen angket untuk mengukur tingkat resiliensi matematis siswa yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, 2) Produk instrumen angket untuk mengukur tingkat resiliensi matematis siswa yang dikembangken telah memenuhi kriteria reliabel, dengan reliabilitas 0,915, 3) Faktor yang mempengaruhi tingkat resiliensi matematis siswa pada uji coba pertama terdiri dari 6 variabel yang dikelompokkan menjadi 2 faktor yaitu faktor 1 dengan nilai eigen 3,453% dan faktor 2 dengan nilai eigen 1,192%. Pada uji coba kedua terdiri dari 7 variabel yang dikelompokkan menjadi 2 faktor yaitu faktor 1 dengan nilai eigen sebesar 3,416% dan faktor 2 dengan nilai eigen 1,114%.

References

Alfiyah, Nur & Siswono, Tatag Yuli Eko. 2014. “Identifikasi Kesulitan Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan masalah Matematika”. Surabaya:Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 3, No. 2.

Asih, Kartika Sari, dkk. 2019. “Resiliensi Matematis pada Pembelajaran Discovery Learning dalam Upaya Meningkatkan Komunikasi Matematika”. Semarang: Prosiding Seminar Nasional Matematika, ISSN:2613-9189.

Bulu, Vera Rosalina, dkk. 2015. “Kesulitan Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Peluang Ditinjau dari Tipe Kepribadian Tipologi Hippocrates-Galenus Kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Soe”. Surakarta:Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, Vol. 3, No. 9, ISSN:2339-1685.

Komala, Elsa. 2017. “Mathematical Resilience Peserta Didik pada Mata Pelajaran Struktur Aljabar I Menggunakan Pendekatan Explisit Instruction Integrasi Peer Instruction”. Cianjur:Jurnal Mosharafa, Vol. 6, No. 3, p-ISSN:2086-4280, e-ISSN:2527-8827.
Marlina, Emas & Harahap, Erwin. “mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Resiliensi Matematik Melalui pembelajaran Program Linier Berbantuan QM for Windows”. Bandung:Jurnal Matematika, Vol. 17, No. 2, ISSN: 1412-5058 / 2598-8980.

Purwosusilo. 2014. “Peningkatan kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMK Melalui Strategi Pembelajaran React”. Jakarta:Jurnal Pendidikan dan Keguruan, Vol. 1, No. 2, ISSN:2356-3915.

Puspitasari, Nia Budi (et al). 2011. “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Pemakaian Produk Layanan Seluler Dengan Mempertimbangkan Aspek 7P’S Of Marketing (Studi Kasus: PT. Telkom Area Blora)”. J@TI Undip. Vol. VI No. 2 tahun 2011. Semarang.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Zanthy, Luvy Sylviana. 2018. “Kontribusi Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Akademik Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Matematika”. Cimahi:Jurnal “Mushrafa”, Vol. 7, No. 1, p-ISSN: 2086-4280, e-ISSN: 2527-8827.
Published
2021-02-27
How to Cite
SAFITRI, Wahyu Dwi; SUSANTO, Hari Purnomo; MULYADI, Mulyadi. ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT RESILIENSI MATEMATIS SISWA. Jurnal Edumatic, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 31-43, feb. 2021. ISSN 2723-8210. Available at: <http://ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/edumatic/article/view/339>. Date accessed: 13 apr. 2021.
PROMO WIN BONUS bagi member Bandar Judi Bola hanya di bolaonline303