IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA TERHADAP BUDAYA PDAM KOTA SURABAYA

M Djoni Hendratno

Abstract


       Penelitian ini dilakukan pada instansi perusahaan daerah air minum Kota Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan dan menganalisis 1). Apakah komunikasi berpengaruh signifikan terhadap budaya perusahaan daerah air minum Kota Saurabaya;  2). Apakah sumber daya berpengaruh signifikan terhadap budaya perusahaan daerah air minum Kota Saurabaya; 3) Apakah struktur birokrasi berpengaruh signifikan terhadap budaya perusahaan daerah air minum Kota Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan temuan sebagai berikut: 1). Variabel Komunikasi memiliki pengaruh yang positif dan tidak signifikan terhadap budaya perusahaan pada perusahaan daerah air minum Kota Surabaya; 2). Variabel sumber daya memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap budaya perusahaan pada perusahaan daerah air minum Kota Surabaya; 3). Variabel struktur birokrasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap budaya perusahaan pada perusahaan daerah air minum Kota Surabaya.

 

Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Pemerintah Kota dan Budaya Perusahaan. 

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 1998, ”Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek”, Penerbit Rineka Cipta, Edisi Revisi IV,Jakarta.

Brahmasari, Ida Ayu, 2004, Disertasi: Pengaruh Variabel Budaya Perusahaan Terhadap Komitmen Karyawan dan Kinerja Perusahaan Kelompok Penerbitan Pers Jawa Pos. Program Pascasarjana Universitas Airlangga Surabaya, tidak dipublikasikan

Darsono, 2006, Budaya Organisasi, Penerbit : Diadit Media Jakarta.

Darmodjo, H.SD, 2005, Public Policy, Pengertian Pokok Untuk Memahami Dan Analisa Kebijaksanaan Pedmerintah, Penerbit : Airlangga University Press, Surabaya.

Ferdinand, Augusty, 2002, Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen –Aplikasi Model-Model Rumit Dalam Penelitian Untuk Tesis Magister & Disertasi Doktor.” Fakultas Ekonomi Undip.

Gordon, JR, 1991, Organizational Behavior : A Diagnostic Approach, Allyn and Bacon, New York.

Indriantoro N, Supomo B, 1999, “Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen “, Yogjakarta : BPFE- UGM.

Malhotra, Naresh K, 2004, Marketing Research- An Applied Orientation, Fourth Edition, Pearson Prentice Hall

Nazir, Moh, 1999, Metode Penelitian, Penerbit Ghalia Indonesia, Cetakan Keenam, Ciawi Bogor Selatan.

Riduwan, 2008, Metode & Tehnik Menyusun Tesis, Cetakan 6, Alfabeta, Bandung.

Robbins, 1998, Organization Behavior, Controversies, Application, Seventh Edition, Englewood Cliffs dan PT. Prenhallindo, Jakarta.

Sobirin, Achmad, 2007, Budaya Organisasi, Penerbit Unit Pernerbit Dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN, Cetakan Pertama, Yogjakarta.

Susanto, AB, 1997, Budaya Perusahaan; Seri Manajemen dan Persaingan Bisnis, Cetakan Pertama, Elek Media Komputindo, Jakarta.

Sugiyono,1998, “ Metode Penelitian Bisnis, Penerbit Alfabeta, Cetakan kesebelas, Bandung, Bandung : CV. Alfabeta.

Umar, Husein (1999), Metodologi Penelitian Aplikasi Dalam Pemasaran Dilengkapi Dengan 8 Bahasan Komprehensif Kasus Pemasaran, Gramedia PustakaUmum, Jakarta.

Widodo, Joko, 2008, Analisis Kebijakan Publik; Konsep Dan Aplikasi Analisis Proses Kebijakan Publik, Cetakan Kedua, Penerbit :Bayumedia Publishing, Malang.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor : 2 Tahun 2007 tanggal 18 Januari 2007 tentang Organ dan Kepegawaian Perusahaan Daerah Air Minum .

Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor : 15 Tahun 1986 tentang Ketentuan Pokok Badan

Pengawas, Direksi dan Kepegawaian Perusahaan Daerah Air Minum Kota Surabaya.

Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor : 2 Tahun 2009 tentang Perusahaan Daerah Air Minum.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung :

View Statistik Pengunjung JPP